I'm a Beginner

Sunday, April 5, 2015

Perpustakaan Balai Bahasa Yogyakarta.

Perpustakaan Balai Bahasa Yogyakarta.
Tempat untuk menyimpan dan melestarikan hasil karya manusia itulah Perpustakaan Balai Bahasa.
Perpustakaan Balai Bahasa tergolong ke dalam perpustakaan khusus, namun dapat diakses secara umum. Perpustakaan Balai Bahasa yang terletak dipusat kota membuat loasinya tidak sulit untuk ditemukan. Sekitar 5 menit dari Tugu Jogja atau 15-20 menit dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta kita bisa sampai ke Balai bahasa. Namun untuk ke perpustakaannya kita harus masuk lagi ke bangunan balai bahasa dan menuju lantai dua. Ketika saya pertama masuk ke Perpustakaan Balai Bahasa, suasana berbeda, dari yang semula rebut (di luar perpustakaan) menjadi hening. Senyum sapa pustakawan yang ramah menyambut kami.
Melihat koleksi yang ada disana yang tentunya berkaitan dengan bahasa dan sastra, kita diajak kembali menuju masa jawa kuno, melihat hasil karya tulis (masnuskrip) aksara jawa yang berumur ratusan tahun dengan nilai kebudayaan yang sangat tinggi.



Contoh gambar manuskrip Jawa Kuno

Itu membuktikan bahwa proses preservasi dan konservasi di perpustakaan Balai Bahasa masih berlangsung dengan baik. Umumnya kita sebagai pengunjung tidak diberikan izin untuk melihat naskah manuskrip yang aslinya dikarenakan manuskrip tersebut mudah rusak karena sudah termakan usia. Dan juga untuk menjaga kelestarian hasil budaya masa lampau. Untuk mengatasi masalah tersebut perpustakaan melakukan digitalisasi manuskrip tersebut sehingga manuskrip aslinya tidak terlalu sering dibuka agar tetap awet. Jika pengunjung ingin mencari manuskrip, perpustakaan memberikan hard-copy dari manuskrip serta transliterasinya yang dijilid hardcover. Perpustakaan juga menyediakan layanan photocopy bagi pengunjung yang membutuhkan.
Koleksi manuskrip kuno yang dikoleksi sudak terklasifikasikan sehingga akan mudah menemukan manuskrip yang diinginkan pengunjung. Perpustakaan Balai Bahasa juga menyediakan katalog khusus manuskrip Jawa kuno yang menjadi koleksi perpustakaan.


Gambar ukuran ruang baca Perpustakaan Balai Bahasa

Hal yang paling istimewa menurut saya adalah PUSTAKAWANnya. Kenapa? Karena baru kali ini saya menemukan pustakawan seramah ini, biasanya sih jutek, jarang senyum gitu. Bagaimana pelayanan yang diberikan begitu memuaskan. Jika kita bertanya tentang koleksi yang ada atau salah satu koleksi kepada pustakawannya akan dijelaskan secara rinci dari pertanyaan kita. Itu artinya pustakawan itu benar-benar profesional dalam menjabat sebagai pustakawan.

“BUKAN HANYA SEBAGAI PENJAGA DAN PENYUSUN BUKU, TAPI MENGUASAI DAN MENGETAHUI BANYAK BUKU WALAU SEDIKIT”. Itulah PUSTAKAWAN YANG SEBENARNYA.
Share:

0 komentar:

Post a Comment