I'm a Beginner

Friday, March 6, 2015

Online Community


Bicarain tentang komunitas kini sudah sangat berkembang pesat, terlebih di era global dengan teknologi super cepat dan sangat mudah untuk diakses dengan bantua internet. Kini setiap orang dapat mengakses internet tanpa terkecuali. Kemudahan dalam mengaksesnya juga dibantu dengan munculnya smartphone dengan harga yang relative terjangkau. Dengan adanya internet semakin membuat dunia ini terasa kecil, dan terlebih munculnya banyak sosial media yang membuat orang-orang mudah melakukan interaksi. Kemunculan social media ini memunculkan banyak manfaat positif dan negatif. Positifnya yaitu kemudahan bagi siapapun untuk berinteraksi tanpa adanya batasan jarak, sedangkan negatifnya terkadang membuat orang lupa akn orang-orang disekitarnya. Dalam istilahnya yaitu yang jauh semakin dekat dan yang dekat semakin jauh.
Kemunculan social media juga memberikan dampak yang positif bagi organisasi, lembaga pemerintahan, perguruan tinggi dan lain-lain dalam berinteraksi sesama anggota. Dari keberagaman motif seseorang menggunakan social media muncullah suatu kesatuan yang memiliki motif dan tujuan yang sama, sehingga dibentuklah suatu komunitas online. Komunitas itu dibentuk agar mampu memecahkan masalah yang dihadapi bersama. Namun terkadang komunitas itu juga menjadi awal mula kesalahpahaman seseorang yang seringkali menimbulkan pertikaian.
Komunitas online yang terbentuk dari kumpulan orang dengan berbagai latar belakang juga ada banyak. Beberapa contoh adanya komunitas smartphone. Komunitas smartphone yang tebentuk ini sangat membantu bagi siapa saja yang tergabung di dalamnya. Seperti hal yang saya rasakan ketika bergabung dengan komunitas tersebut. Disana kita saling berbagi informasi dan berbagi masalah untuk diselesaikan secara bersama. Dalam sebuah komunitas itu juga ada rule atau aturan yang dibuat oleh tetuah komunitas / admin dari komunitas tersebut. Dari sekian komunitas yang saya ikuti itu aturan yang pasti ada yaitu dilarang iklan atau mempromosikan sesuatu. Namun terkadang aturan tersebut selalu dilaranggar oleh anggota.
Ada banyak komunitas yang saya ikuti, mulai dari komunitas smartphone (GNCI: Google Nexus Community Indonesia, dll), komunitas pecinta matematika, komunitas pecinta computer, dll.
Dari sekian banyak komunitas yang saya ikuti semuanya bermanfaat bagi saya. Karena ketika saya mengalamin kesulitan dibidang tertentu, kita bisa berbagi masalah dengan mengepost treath kita di grup komunitas yang telah dibuat. Dan pasti selalu ada jalan keluar Karena banyak para master yang akan membantu disana. Namun dalam interaksi komunitas online, kita harus pandai bertutur kata karena kita tidak tahu lawan interaksi kita itu wataknya seperti apa. Karena dalam komunitas online kemajemukan anggota pasti ada. Sehingga kadang kala ketika mengepost sesuatu atau memberikan komentar hendaknya dipikirkan terlebih dahulu apakah aka nada yang tersinggung atau tidak. Selain itu ada baiknya jika dalam suatu forum atau diskusi online membaca rule / aturannya agar tidak salah dalam berinteraksi dengan yang lainnya.
Jadi berpikirlah sebelum memposting sesuatu di dunia maya, jangan sampai ada pihak yang salah paham dan menimbulkan pertikaian.

***
Share:

0 komentar:

Post a Comment