I'm a Beginner

Friday, February 6, 2015

Lulusan Ilmu perpustakaan cuma jagain buku doang??? Enggaklah... "Check this out"

Sumber: http://pustakawan.in/wp-content/uploads/2014/05/logo-pustakawan-451x259.png

Ilmu perpustakaan…???

Mungkin sebagian orang belum mengetahui yang sebenarnya tentang jurusan ilmu perpustakaan. Sehingga banyak asumsi awal mereka yang mengatakan bahwa lulusan ilmu perpustakaan kerjaannya cuma jagain perpustakaan, ngelayani pemimjam, dan ngatur buku di rak. Nah asumsi tersebut perlu diluruskan dulu ya.
Kita mulai dari pengertian perpustakaan dulu, apa sih itu perpustakaan? Jangan bilang gudang buku, jangan bilang bangunan pojok dan gelap serta menyeramkan. Perngertian perpustakaan menurut The American Library Association tahun 1970 yaitu perpustakaan adalah pusat media, pusat belajar, pusat sumber pendidikan, pusat informasi, pusat dokumentasi dan pusat rujukan. Nah itu tu pengertian perpustakaan yang sebenarnya.

Jadi jangan kira perpustakaan itu denga negatif thinking ya.

Nah lanjut bicarain tentang lulusan jurusan ilmu perpustakaan.

Lulusannya mau jadi apa sih? Jagain buku doang trus dapet gaji gitu? Gak beda jauh dong sama yang jagain lilin tiap malam uppss.  Ini nih akibat orang-orang yang tidak tahu dan tidak ingin mencari tahu tentang jurusan ini. Lulusan ilmu perpustakaan memang bakal kerja di perpustakaan dan memang jagain buku tapi, ada tapinya nih. Kerjaannya juga ngolah setiap buku yang diadakan untuk kepentingan masyarakat pengguna.

“Ngolah doang saya juga bisa.”

Pernyataan yang benar, jika bukunya cuma 50 judul atau 100 eksemplar(copy). Nah jika judulnya 1000 atau 10.000 atau 100.000, ngolahnya kamu Cuma ngatur di rak doang? Terus kalau mau cari buku kamu pikir bisa ketemu dalam 5, 10, 20, 30 menit dalam jumlah buku yang sangat banyak. Itu dia intinya, ngolahnya bukan sembarang ngolah ada ilmunya. Itulah kerjaan pustakawan yaitu mengolah buku atau koleksi lain perpustakaan agar cepat ditemukan pengguna dan juga agar informasi yang didapat pengguna akurat sesuai dengan yang dibutuhkan.

Mau tahu ilmunya? Makanya kuliah jurusan ilmu perpustakaan dong.

Selain itu, lulusan ilmu perpustakaan juga akan tahu isi dari sebuah buku meski tidak membaca keseluruhan isi buku.

Mau tahu caranya? Makanya kuliah jurusan ilmu perpustakaan dong.

Lulusan ilmu perpustakaan gajinya kecil? Siapa bilang. Gaji pustakawan saat ini bisa dibilang tinggi dan sudah ada tunjamgan fungsional yang melebihi dosen loo. Bahkan jika seorang pustakawan kerja di perpustakaan menteri keuangan yang saya dengar si gajunya +- 20 jt. Bayangin aja gimana dihargainya ilmu seorang pustakawan dimata menteri keuangan.hehe
Selain itu pustakawan professional juga diharapkan mampu meningkatkan minat baca masyarakat di Indonesia. Karena yang saya tahu presentase tingkat minat baca masyarakat Indonesia masih di bawah 0,5% pada tahun 2012, sangat memprihatinkan. Itulah perbedaan Negara maju dengan Negara berkembang. Masyarakat Negara maju ketika sedang dalam angkutan umum, sambil menunggu mereka membaca baik itu novel maupun Koran dll. Sedangkan di Indonesia mereka menunggu sambil berfoto atau yang lagi tenar itu “selfie”.
Itulah salah satu tugas dari pustakawan, yaitu meningkatkan minat baca karena dari membaca kita tahu segalanya.

Nah itulah alasan-alasan kenapa saya masuk jurusan ilmu perpustakaan.


Sekian dulu cerita saya. Makasih udah mau baca  jangan lupa tinggalkan komentar ^_^
Share:

3 comments: